34 Siswa SMPN 2 Balen Siap Dikukuhkan Sebagai Pramuka Garuda


    Minggu 7 Januari 2024, pengurus Kwartir Ranting Balen, mengundang seluruh peserta yang mengikuti penempuhan Pramuka Garuda tahun 2023, yang pertama kali penempuhanya di laksanakan di Kwartir Ranting.

    Pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari seleksi pramuka Garuda yang di laksanakan pada tanggal 9 Desember 2023 lalu.

Pengukuhan 34 Siswa SPENDABA Sebagai Pramuka Garuda
Pembina Pramuka SPENDABA, Kak Listari
  
      Adapun maksud dan tujuannya adalah pengecekan terakhir SKU, TKU, SKK, TKK untuk persiapan pengukuhan. Pengukuhan di rencanakan bersama-sama dengan Kwarran se Kwarcab Bojonegoro (Waktu dan Tempat belum ditentukan)

    Pertemuan tanggal 8 Januari dimulai dengan apel bersama. Kak Da'un selaku sekretaris Kwarran berkesempatan menjadi pembawa acara.

   Acara pertama diawali dengan pembukaan dengan doa dan setelah doa digemakan tiga kali tepuk Pramuka. Terlihat para peserta sangat antusias mengikuti jalanya apel.

     Acara dilanjutkan dengan sambutan tuan rumah kak Hisbulloh selaku mabigus MTs Islamiyah sekaligus ketua Yayasan pondok pesantren Roudlotut Tholibin. Dalam sambutan beliau mengatakan, sangat mendukung kegiatan ini dan berterima kasih telah di jadikan tuan rumah pada pertemuan kali ini. Beliau juga memotivasi Peserta untuk lebih memacu diri menjadi lebih baik. Beliau juga mengingatkan pada peserta menjadi Pramuka Garuda tidak semua orang berkesempatan, termasuk kak Hisbulloh sendiri tidak berkesempatan menjadi Pramuka Garuda.

        Dengan diakiri salam kak Hisbulloh menutup sambutannya. Dilanjutkan suara menggema dari kak Daun, mempersilahkan kak Sunoto selaku Ka Kwarran untuk menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya kak Sunoto, menegaskan adik-adik yang sudah memenuhi syarat akan segera dilantik, dan jika belum memenuhi syarat akan ditunda pelantikannya. Kak sunoto menyampaikan rasa terimakasih dan bersyukur karena Kwarran Balen bisa menyelenggarakan penempuhan Pramuka Garuda dengan lancar. Namun beliau juga memohon maaf apabila dalam penyelenggaraannya masih banyak kekurangan-kekurangan. Sambutan diakhiri dengan salam dan tepuk Pramuka.

        Selanjutnya kak Da'un selaku pembawa acara memberi kesempatan kepada kak Listari selaku tim penguji Pramuka Garuda untuk sambutan.

Sambutan kak Lis (panggilan akrab) diawali dengan salam dan 2 kali tepuk Pramuka.

        Setelah menyampaikan rasa syukur dan sholawat kepada Nabi, kak Lis menyampaikan terimakasih kepada pengurus Kwarran, peserta, pembina, pelatih dan segenap yang terlibat di acara penempuhan Pramuka Garuda seraya mendoakan semoga apa yang dilakukan mendapat berkah dan barokah dari Allah SWT.

        Dilanjutkan dengan kalimat yang di tunggu-tunggu peserta karena dalam sambutan kak Lis ini ada pengumuman dilantik atau ditunda.

        Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Pramuka siaga sejumlah 68, penggalang sejumlah 100 (termasuk 34 peserta dari SMPN 2 Balen) dan penegak sejumlah 22, telah memenuhi syarat dan LAYAK UNTUK DIKUKUHKAN. (2 kali tepuk Pramuka, suara kak Putut sangat keras untuk menyemangati peserta)

Sesaat terdengar suara gemuruh dari para peserta, Alhamdulillah sambut mereka.

        Sebelum menutup sambutan kak Lis memotivasi dengan mengatakan, "Pramuka Garuda bukan untuk gagah-gagahan, Pramuka Garuda harus menjadi suri tauladan, baik di sekolah, lingkungan rumah maupun di masyarakat, Pramuka Garuda harus lebih baik. Esuk harus lebih baik dari hari ini" diakhir sambutan kak Lis mengucapkan selamat atas pencapaian ini. Saya bangga kepada kalian, calon-calon penerus bangsa, semoga kalian tumbuh menjadi hamba yang bermanfaat, jadi pemimpin yang bijak di negeri tercinta ini.

Sambutan kak Lis ditutup dengan salam dan tepuk Pramuka.

Acara selesai dan berikutnya di komando oleh kak Daun.

        Peserta di bagi menjadi 3 tempat. Siaga, penggalang dan penegak untuk di check akhir atribut yang akan di kenakan saat pelantikan. 

Siaga di check oleh kak Yunk dan kak Putut.

Penggalang oleh kak Listari Pelatih dari SMPN 2 Balen sekaligus pengurus Kwarran Balen dan Kwarcab Bojonegoro.

Penegak oleh kak Teguh, pelatih dari SMAN 1 Balen.

Acara selesai jam 11.15 WIB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar